Pelibatan Masyarakat Kunci Rehabilitas Hutan Berkelanjutan

Perlu pendekatan baru yang lebih humanis dalam pengelolaan alam, memaksimalkan peran stakeholder terkait yang akan memperkaya strategi pelaksanaan rehabilitasi hutan dan lahan (RHL). RHL bukan hanya tentang target luasan lahan tapi juga bagaimana mendorong peningkatan ekonomi masyarakat. Untuk memastikan tanaman terpelihara dengan baik di masyarakat, perlu mendorong nilai-nilai yang ada di masyarakat yang sesuai dengan agenda pelaksanaan hutan Lestari. Demikian beberapa hasil diskusi multi pihak.



Aktifitas Terbaru

Perlunya Pembiayaan Inovatif dalam Kesetaraan Gender

Pada 6 April 2023, Nurul Tanjung sebagai Program Assistant PATTIRO menghadiri kegiatan Seminar Nasional tentang Menuju Kesetaraan Gender Melalui Akses Pembiayaan Inovatif yang diadakan oleh Financing Lab United Nations Development Programme (UNDP) Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan di Mercure Jakarta Sabang Hotel. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada para undangan tentang tantangan, peluang, ancaman, dan praktik dalam upaya melakukan kesetaraan gender melalui akses pembiayaan Inovatif. Dengan dihadiri oleh pemerintah, Bank Indonesiam Otoritas Jasa Keuangan, Akademisi, Kedutaan Besar, Organisasi Keagamaan, Mitra Pembangungan, dan Organisasi Sipil mampu melakukan percepatan pembiayaan inovatif dalam Kesetaraan Gender.
Selengkapnya

Workshop Stakeholder Hasil Penelitian Efektivitas Rehabilitasi Hutan dan Lahan

Pada 26 - 27 Mei 2023, PATTIRO mengadakan kegiatan Workshop Stakeholder Hasil Penelitian Efektivitas Rehabilitasi Hutan dan Lahan. Kegiatan Workshop Stakeholder ini dilakukan secara offline di Hotel Amaroossa, Bogor dan secara online melalui zoom meeting. Workshop ini dilaksanakan guna mengkonfirmasi temuan hasil penelitian dan memperoleh masukan serta rekomendasi terkait strategi bagaimana rehabilitasi hutan yang efektif dan berkelanjutan.
Selengkapnya

TCI forum Dialogue 3: Antara Pemuda Politik, dan Isu Perubahan Iklim

Pada 01 Maret 2023, Kemitraan bersama dengan Kota Kita dan didukung oleh IDRC, WRI Indonesia, Inobu, dan PATTIRO berhasil melaksanakan kegiatan TCI Forum Dialogue yang ketiga. Kegiatan TCI Forum Dialogue ini dilakukan secara online. Adapun TCI Forum dialogue ini bertujuan untuk mengetahui persepsi anak muda dalam isu perubahan iklim serta apa upaya pemerintah dalam mewadahi aspirasi tersebut ke dalam agenda perubahan iklim. Kegiatan ini dihadiri oleh 50 orang perwakilan generasi muda yang fokus pada isu perubahan iklim di seluruh Indonesia. Forum dialogue ini juga terbagi atas dua rangakaian kegiatan yakni penyampaian materi oleh narasumber dan diskusi kelompok generasi muda peserta TCI forum Dialogue #3 dengan media miro board.
Selengkapnya

Bootcamp Menulis Policy Brief

Pada 28-30 Maret 2023, PATTIRO bersama mitra Think Climate Indonesia (TCI), Kemitraan, Kaleka, Kota Kita, dan World Resource (WRI) Institute mengikuti Bootcamp menulis Policy Brief (PB) di hotel Ibis Tamarin, Jakarta. Kegiatan ini didanai oleh International Development Research Center (IDRC) sebagai lembaga donor TCI. Kegiatan pelatihan ini difasilitasi oleh Tempo Institute dengan beberapa narasumber yang kompeten di bidang penulisan Policy Brief. Mereka adalah Philipus Parera, Yosep Suprayogi, Moerat Sitompul, Muhammad Taufik, Yhandrie Arvian, dan Uus Suhardi. Dengan diikuti 25 peserta (lima orang per lembaga), kegiatan ini berhasil dilaksanakan dengan baik.
Selengkapnya

Penjelasan Program

Program penelitian ini berjudul “Efektivitas Pelaksanaan Program Rehabilitasi Hutan dan Lahan dalam Mengurangi Emisi Gas Rumah Kaca”.Melalui Paris Agreement Indonesia telah berkomitmen untuk berkontribusi secara nasional atau Nationally Determined Contribution (NDC) dalam mengurangi emisi Gas Rumah Kaca sebesar 29% dari skenario business as usual (BAU) dengan upaya sendiri dan 41% dengan dukungan internasional yang memadai pada tahun 2030. Komitmen ini telah dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

Melalui Paris Agreement Indonesia telah berkomitmen untuk berkontribusi secara nasional atau Nationally Determined Contribution (NDC) dalam mengurangi emisi Gas Rumah Kaca sebesar 29% dari skenario business as usual (BAU) dengan upaya sendiri dan 41% dengan dukungan internasional yang memadai pada tahun 2030. Komitmen ini telah dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

Salah satu agenda penting untuk melaksanakan komitmen ini adalah Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL). Pada RPJMN 2020-2024, target capaian RHL ditetapkan seluas 420.000 hektar setiap tahunnya sehingga selama lima tahun total target capaian RHL ditetapkan seluas 2,1 juta hektar

Selengkapnya

Penguatan Kapasitas Organisasi

Bagian utama kegiatan ini adalah mengutkan kapasitas peneliti untuk meningkatkan kualitas riset.


Selengkapnya

Penelitian

Pengumpulan data sekunder dilakukan melalui studi pustaka terhadap dokumen-dokumen berikut


Selengkapnya

Kampanye Publik Online

Kampanye publik secara online dilakukan dengan memanfaatkan media sosial untuk menjangkau masyarakat yang lebih luas


Selengkapnya

Aktifitas Program


Galeri